Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda di Era Modern

Tanggal 28 Oktober merupakan hari yang istimewa buat para pemuda di Indonesia. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan Hari Lahir dan dicetuskannya Sumpah Pemuda, dan hal itu merupakan hari bersejarah bagi para pemuda Indonesia.
Adanya hari Sumpah Pemuda tersebut menegaskan bahwa Para Pemuda mempunyai andil atau ikut serta dalam memperjuangkan bangsa Indonesia melawan serangan Para Penjajah yang berusaha merongrong kedaulatan Negara Republik Indonesia pada waktu itu.
“Lain dulu…, Lain pula sekarang…”, Kalau dahulu Para Pemuda saling berjibaku dalam memperjuangkan dan mempertahankan Negara Republik Indonesia melawan serangan Para Penjajah secara langsung…, maka pada era modern dan globalisasi sekarang ini tentunya akan sangat berbeda perjuangan Para Pemuda untuk berpartisipasi membela dan mempertahankan Negara Republik Indonesia yang telah merdeka selama 84 tahun.
Perjuangan seperti apakah yang harus dilakukan Para Pemuda yang mencerminkan Hari Sumpah Pemuda pada era sekarang, berikut adalah perjuangan Para Pemuda pada era modern ini yang mungkin mencerminkan Hari Sumpah Pemuda.
– Berjuang melawan kemalasan dan kebodohan
– Berjuang melawan Kebrutalan diri dan emosi.
– Berjuang melawan perubahan akan diri, keluarga, lingkungan, dan bangsa.
– Berjuang dengan motivasi dan berinovasi diri.
– Berjuang untuk Kemajuan diri dan sesama.
– Dll.

Dengan semangat diatas, mungkin sedikit dapat mencerminkan makna Hari Sumpah Pemuda tentunya bersimpul pada isi dari sumpah pemuda itu sendiri, yakni:
1. Kami putra putri Indonesia mengaku, bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
2. Kami putra putri Indonesia mengaku, berbangsa satu bangsa Indonesia.
3. Kami putra putri Indonesia mengaku, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Selamat dan Semangat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012.

Regards
Mitra Penerjemah