Mengenal Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Rusia

Mengenal Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Rusia

Mengenal Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Rusia

Mudahnya Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Rusia

Legalisasi Dokumen di Kedutaan Rusia

Bagi anda yang hendak melakukan proses legalisasi dokumen di Kedutaan Rusia untuk keperluan seperti: studi lanjut di Negara rusia, menikah dengan warga Negara Rusia, Ijin Tinggal dll, maka tidaklah salah apabila sedikit membaca artikel berikut.

Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Besar Rusia merupakan salah satu proses legalisasi dokumen yang penulis katakan sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan, proses legalisasi dokumen tersebut hanya memerlukan sedikit prasyaratnya. Perlu kita ketahui bahwa, pra syarat legalisasi dokumen di kedutaan secara umum adalah dengan melegalisasi dokumen tersebut ke 2 instansi kementerian, yakni “Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Luar Negeri” untuk kemudian Legalisasi Dokumen ke Kedutaan terkait.

Untuk proses legalisasi dokumen di kedutaan besar Rusia, secara umum terbagi menjadi 2 cara yakni:
Legalisasi Dokumen terhadap dokumen asli, dan
Legalisasi Dokumen terhadap dokumen terjemahan.

Untuk Proses Legalisasi Dokumen terhadap dokumen asli adalah dengan melegalisasi dokumen asli secara langsung (Legalisasi Dokumen di Kementerian dan Legalisasi Dokumen di Kedutaan) untuk kemudian setelah sampai di Negara Rusia, selanjutnya dokumen di notariskan dan di terjemahkan dan biasanya untuk proses penerjemahan adalah dilakukan di KBRI yang berada di Negara Rusia tersebut atau dengan menerjemahkan dokumen tersebut ke lembaga resmi (penerjemah terumpah) yang ada di Rusia.

Sedangkan, untuk proses legalisasi dengan menggunakan dokumen terjemahan adalah dengan menerjemahkan dokumen asli terlebih dahulu ke bahasa rusia/ penerjemah bahasa rusia, untuk kemudian dokumen dinotariskan dan setelah legalisasi notaris, dokumen kemudian dilegalisasi di Kementerian. Setelah proses legalisasi kementerian selesai barulah dokumen dibawa untuk dilegalisasi di Kedutaan Rusia dan selesai.

Yang membedakan proses legalisasi dokumen di Kedutaan Rusia dengan Kedutaan-Kedutaan Besar yang lain adalah dari segi waktunya, yakni proses legalisasi dokumen di Kedutaan Rusia lebih lama dari pada proses legalisasi dokumen di Kedutaan-kedutaan pada umumnya, yakni 1 minggu. Jadi semisal memasukkan dokumen hari senin, maka dokumen baru bias selesai atau dapat diambil pada hari senin berikutnya.

Tambahan untuk legalisasi di Kedutaan Rusia, bahwasanya untuk legalisasi di Kedutaan Rusia dapat menggunakan dokumen fotokopi dan dilegalisasi notaris, untuk kemudian dilegalisasi Kementerian Hukum dan HAM dan Kemlu serta yang terakhir dilegalisasi di Kedutaan Rusia. Selain itu juga apabila dokumen sudah diterjemahkan dalam bahasa Rusia, maka dokumen bisa langsung dilegalisir di Kedutaan Rusia.

Demikian seklumit artikel mengenai proses legalisasi dokumen di Kedutaan Rusia, dan semoga bermanfaat.

Salam
Mitra Penerjemah. 22/11/2014