Legalisasi Dokumen di Kedutaan Korea

Legalisasi Dokumen di Kedutaan Korea

Legalisasi Dokumen di Kedutaan Korea

Proses Legalisasi Dokumen di Kedutaan Republik Korea

Penerjemah Bahasa Korea di Jakarta

Bagi anda yang hendak melakukan legalisasi dokumen di Kedutaan Korea untuk keperluan seperti: Beasiswa atau Melanjutkan studi di Negara Korea, Menikah dengan orang korea atau menetap di Negara Korea, maka perlu membaca sedikit informasi berikut ini.

Proses Legalisasi dokumen di Kedutaan Besar Republik Korea, dapat dilakukan melalui 2 cara yakni:
– Yang pertama dengan menerjemahkan kedalam bahasa Inggris Tersumpah atau Bahasa Korea dan di Notariskan, dan
– Yang Kedua adalah dengan menggunakan dokumen legalisir dari dokumen asli yang sudah berbahasa Inggris, biasanya untuk dokumen diantaranya: Akte Lahir Bilingual, Ijazah dan Transkrip Nilai ataupun dokumen yang lain yang sudah dalam bahasa Inggris.
Penjelasan:
– Untuk cara yang pertama, sebelum dokumen dilegalisasi di Kedutaan Republik Korea. Terlebih dahulu dokumen diterjemahkan kedalam bahasa Inggris tersumpah, untuk kemudian setelahnya dokumen dilegalisir oleh Notaris dan selanjutnya dokumen dilegalisir di Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Luar Negeri. Setelah dokumen dilegalisir di Kementerian Luar Negeri, barulah dokumen dilegalisir di Kedutaan Republik Korea.
Notes:
Untuk dokumen yang sudah diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris Tersumpah, sebenarnya sudah dapat dibawa ke Kedutaan Republik Korea dengan menambahkan legalisir dari Notaris pada dokumen terjemahan tersebut. Akan tetapi ada sebagian dari Instansi yang mensyaratkan untuk dilakukan legalisasi secara lengkap (legalisir terjemahan bahasa Inggris Tersumpah dengan menyertakan legalisir di Kementerian Hukum dan HAM beserta Kementerian Luar Negeri).

– Untuk cara yang kedua: apabila dokumen sudah dalam bahasa Inggris atau Bilingual, cukuplah dengan menambahkan legalisir dari Notaris dan selanjutnya, langsung dibawa ke Kedutaan Republik Korea untuk dilegalisir.

Dalam pengajuan legalisasi di Kedutaan Besar Republik Korea, dapat dilakukan melalui dua pilihan, yakni:
– Selaku Pemilik dokumen datang langsung ke Kedutaan dengan membawa dokumen asli serta identitas diri (KTP/ Passport)
– Melalui Perwakilan, yakni dengan menyerahkan sepenuhnya kepada seseorang dalam melakukan proses legalisir dokumen. Adapun dengan cara yang kedua ini, diperlukan lampiran diantaranya: dokumen yang hendak dilegalisir Kedutaan beserta dokumen aslinya, melampirkan surat kuasa dalam bahasa Inggris, melampirkan identitas diri kedua belah pihak (orang yang memberi kuasa dan orang yang dikuasakan).

Demikian, semoga bermanfaat dan salam sukses.

Presented by Mitra Peneremah | Jasa Penerjemah Bahasa Korea di Jakarta