Final Liga Champion 2013

Final Liga Champion 2013

Prediksi Final Liga Champions Eropa 2013

Final Liga Champions Eropa 2013 kembali menyajikan pertemuan dua klub dari satu Negara. Partai sengit antara dua seteru abadi, Borussia Dortmund melawan Bayern Munchen akan tersaji di Stadion Wembley, London pada tanggal 25 Mei mendatang.

Ini adalah kali keempat final Liga Champions Eropa mempertemukan dua klub dari Negara yang sama. Yang pertama melakukannya adalah Real Madrid dan Valencia di musim 1999-2000, kemudian musim 2002-2003 saat AC Milan bertemu Juventus serta kali ketiga terjadi di musim 2007-2007 saat MU bertemu Chelsea.

Pertemuan Bayern Munchen dan Borussia Dortmund selama ini dikenal dengan sebutan Der Klassiker atau El Classico versi jerman karena kedua klub memang sudah berseteru sejak puluhan tahun lalu. Musim lalu, di pentas Bundesliga, Dortmund pantas jumawa karena dapat mengalahkan Munchen dua kali dan merengkuh gelar Kampiun. Musim ini, keduanya bertemu tiga kali (dua di liga dan satu di piala liga), yang dua diantaranya dimenangkan Munchen dan satu imbang.

Yang membuat partai ini menarik untuk disimak adalah kemampuan bermain kedua klub. Borussia Dortmund dikenal sebagai klub yang dibangun dari bawah. Bermaterikan pemain muda macam Lars Bender, Mario Gotze, Robert Lewandowski, Jakub Blaszikowsky hingga Marco Reus. Sementara Bayern mengandalkan pemain matang pengalaman macam Franck Ribery, Arjen Robben, Bastian Schweinsteiger, Javi Martinez, serta Mario Mandzukic atau Mario Gomez.

Dari skema permainan, keduanya tidak jauh berbeda. Dortmund menggunakan formasi 4-2-1 dengan motor serangan ada pada Mario Gotze, Reus serta Kuba yang berada di belakang Lewandowski. Pun begitu dengan Munchen. Pelatih Jupp Heynckes biasa memasang pola formasi yang sama dengan jangkar Javi Martinez dan Scwheini untuk menopang pegerakan Ribery, Robben serta Tomas Mueller yang ada di belakang Mandzukic atau Gomez.

Namun, cara bermain Dortmund sedikit berbeda dengan Munchen. Die Borussien mempertahankan gaya bermain Jerman ortodoks dengan banyak mengalirkan serangan balik sementara Munchen sedikit mendapatkan sentuhan berbeda dengan hadirnya pergerakan Robben, Ribery serta Martinez yang banyak menahan bola.

Dari segi pengalaman, tentunya Munchen di atas angin karena dalam 4 tahun terakhir, ini adalah kali ketiga The Bavarian menginjak partai puncak. Sementara Dortmund, ini adalah kali kedua mereka mencapai final setelah menjuarai kompetisi yang sama tahun 1996.

Kepindahan Gotze mulai musim depan ke Bayern tentunya akan menjadi bumbu dalam partai ini. Selain itu, ini adalah terakhir kalinya pelatih Jupp Haynckes memimpin Munchen di Liga Champions karena musim depan nahkoda akan dipegang Joseph Guardiola yang pernah sukses di Barcelona.

Jadi, siapa yang akan unggul dan menjadi Juara? Dari beberapa pertemuan terakhir, Dortmund bisa dibilang lebih bisa mendominasi permainan. Tetapi, dari segi efektivitas, harus diakui bahwa musim ini FC Hollywood sedikit lebih unggul. Jika Juergen Klopp dapat menampilkan Gotze dan bender yang dikabarkan cedera, maka rasanya tidak akan mudah bagi anak asuh Jupp Heynckes untuk memenangkan pertandingan dengan mudah, bahkan jika tidak berhati-hati, Dortmund akan bisa mencuri gol terlebih dulu. Tetapi, rasanya kecil kemungkinan untuk terjadi adu penalty.

===========================
by. Mitra Penerjemah