Belajar Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab

Kamus Istilah Cepat Tata Bahasa Arab

Kamus Penerjemah Bahasa

Jasa Penerjemah Tersumpah di Jakarta

‘Alam, Isim ‘alam:

Proper name, Isim yang menunjukkan nama manusia, tumbuhan, hewan atau lainnya yang “Sudah jelas identitasnya”. Misal: Muhammad, Agus, Mickey mouse, Wadil Qura, Ka’bah, Lotte Mart, Carrefour. Isim ‘alam diyulis apa adanya. Tak boleh ditranslasi secara harfiah. Misal: Muhammad adalah nabi terakhir. Terlarang kita menulis “yang terpuji” adalah nabi terakhir. Isim ‘alam mempunyai pengertian lebih khusus dari pada isim. Setiap isim ‘alam pasti isim, namun tidak setiap isim pasti isim ‘alam. Contoh sederhana, Agus pasti manusia, namun manusia tidak mesti Agus, dll.

‘Amil:

Penyebab, peran atau fungsi suatu kata atau huruf yang bisa mengubah status harakat akhir suatu kata, sehingga kata tersebut bernasib berkharakat fathah, dhammah, kasrah atau jazm. Misal: Inna, peranannya menashabkan mubtada’ dan merafa’kan khabar.

Alif maqsur:
Alif bengkok, Huruf alif yang lambangnya ى. Misal:
.فتى، المنى، طوى، قرى، أبقى، منى، سدى

Alif mamdud:
Huruf alif yang lambangnya ا misal: عصا
‘Athaf: Penggabungan
Huruf ‘Athaf: Huruf yang fungsinya menggabungkan. Ma’thuf: Isim yang digabungkan dengan Isim sebelumnya. Kondisi Isim ma’thuf, harakatnya mengikuti harakat isim sebelumnya.
Bina : Kerangka atau struktur kata.
Dhamir : Kata ganti penunjukkan, pronomina. Misal: هو (dia laki-laki tunggal).
Dhammah : Tanda harakat (ُ ) yang mempunyai fungsi menyatakan lambang bunyi u. Misal: الإيمان
Dhiddu: Antonim, kebalikan. Misal: الصغير adalah antonim dari الكبير
Fathah : Tanda harakat (َ ) yang mempunyai fungsi menyatakan lambang bunyi a. Misal: إن الصلاة
Fa’il : Kata kerja, alias verba. Misal (أطعم – يطعم ), memberi makan.
Huruf Mudhara’ah :
Huruf pertama yang terdapat dalam fi’il mudhari’, kata kerja yang menunjukkan atau melambangkan bentuk “sedang” dan “mendatang” yaitu ya’, hamzah, ta’ dan nun. Misal: Yaktubu (يكتب). Huruf ya’ disini adalah huruf mudhara’ah. Atau Naf’alul khair ( نفعل الخير) huruf nun disini adalah huruf mudhara’ah.
I’rab :
1. Menerangkan kedudukan, status atau fungsi kata dan huruf yang adadalam kalimat. Entah itu sebagai fi’il, kata kerja, fa’il, pelaku, maf’ul, objek mubtada’, khabar, atau lainnya.
2. Keadaan akhir kata yang berubah-ubah (non permanen)/ perubahan harakat atau bentuk yang terjadi dibelakang sebuah kata sesuai kedudukan kata tersebut dalam susunan kalimat, disebabkan ‘amil rafa’, ‘amil jarr, atau ‘amil jazam. Kalimah yang mengalami perubahan ini disebut “Kalimah Mu’rab”.

To Be Continue ya…

referensi by.
Ensiklopedia Komplit Menguasai Bahasa Arab, Abdul Latif Said – Mitra Pustaka.

Salam
Mitra Penerjemah : Jasa Penerjemah Bahasa Arab di Jakarta